Rabu, 20 Juli 2016

MCLD (1) - Cuaca dan Iklim

Mengenal Cuaca Lebih Dekat
Cuaca dan Iklim
By : Dany Pangestu




                Apa sih itu “Cuaca” ? Pengaruhnya terhadap lingkungan kita  apa sih ? Beda nya “Cuaca” dan “Iklim” itu apa ? Ada tidak manfaat mempelajari Cuaca ?    . Itu adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat mengenai cuaca. Tentu kita sudah sering merasakan hujan deras, panas yang luar biasa, dingin yang hebat dan mendengarkan Guntur yang menggelagar. Nah itu adalah pengaruh dari  CUACA yang ada di atmosfer. Dan ketika kita ditanya apa itu definisi cuaca , kita malah tidak bisa menjawab. Hehe. Disini Kolom “Mengenal Cuaca Lebih Dekat” berusaha meggambarkan penjelasan mengenai cuaca kepada masyarakat dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti sehingga masayarakat paham betul apa itu sih cuaca.
                Sebelum kita mendalami tentang cuaca , ada baiknya kita mengenal definisi nya terlebih dahulu. Cuaca adalah keadaan atmosfer pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan jangka waktu nya yang singkat. Contohnya , Di Ranai Darat pagi hari rintik rintik, kemudian siang hari panas  dan malamnya hujan deras ,dan di Pulau Midai yang terjadi justru sebaliknya,  itu adalah contoh kecil dari definisi cuaca, intinya keadaanya bisa berbeda beda untuk waktu yang singkat dan tempat yang berbeda. Disiplin ilmu yang mempelajari CUACA adalah METEOROLOGI.
                Sedangkan apa itu iklim ? Iklim adalah kebalikan dari cuaca yaitu keadaan atmosfer pada saat tertentu dan di di wilayah tertentu yang relatif luas dan jangka waktunya cukup lama (kurang lebih 30 tahun). Contoh nya , Iklim tropis dialami oleh Negara Indonesia, Singapura, Malaysia, Brasil, Timor Leste dll, sedangkan Iklim subtropis dialami oleh Negara Belanda, Inggris , Perancis, Italia dll. Disiplin ilmu yang mempelajari IKLIM adalah KLIMATOLOGI.
Cuaca dan iklim merupakan gejala alamiah yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan mengetahui pola cuaca dan iklim seperti periode musim hujan dan kemarau, maka para petani dapat menentukan musim tanam yang tepat agar produksi pertaniannya baik. Selain itu, kondisi cuaca dan iklim seperti arah dan kecepatan angin sangat diperlukan bagi para nelayan untuk menentukan saat-saat yang tepat pergi ke laut mencari ikan serta masih banyak sektor-sektor kehidupan yang berkaitan dengan kondisi cuaca dan iklim. Cuaca dan iklim merupakan akibat dari proses-proses yang terjadi di atmosfer yang  menyelubungi bumi. Jadi untuk mempelari fenomena cuaca dam iklim sangatlah penting untuk umat manusia.
                 
                                                                     


Share:

0 komentar:

Posting Komentar