Anomali knowledge

"Iman itu harus berbuah, sehingga orang disekitarnya dapat merasakan kelezatan iman" - Salim A. Fillah -

Rabu, 30 Maret 2016

SOP pembuatan gas hidrogen dengan ferrosilicon dan causticsoda



Hai sobat anomali , kali ini ane akan berbagi tentang prosedur penggunaan generator gas hidrogen, generator gas hidrogen model GIP No 3 ini dapat menghasilkan 3 meter kubik gas hidrogen setiap kali pembuatan. cara menghasilkan gas hidrogen dengan alat ini adalah berdasarkan reaksi antara cairan causticsoda dengan ferrosilicon dalam tekanan dan suhu yang tinggi
persamaan reaksinya adalah :
Si + NaOH + 2H20 = SiO3NaH + 2H2 

sehingga menghasilkan hidrogen 

kenaikkan suhu karena reaksi terbeut memungkinkan cairan itu mencapai suhu yang cukup tinggi untuk menahan reaksi balik akibat tekanan dan supaya ferrosilicon dapat bereaksi semuanya . CMIIW 

INGAT !! PEMBUATAN GAS HIDROGEN INI UNTUK KEMASLAHATAN UMAT , BUKAN UNTUK KERUSAKAN !!! 





Dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi,” mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan”. Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar” (QS al-Baqarah:11-12).


ALAT TERSEBUT TERDIRI DARI

1. tabung pembangkit

2. kereta dorong

3. ember yang mempunyai bibir


4. corong besar untuk memasukkan ferrosilicon halus dan air kedalam tabung


5. corong kecil untuk mengisi tabung saringan dengan serbuk ferrosilicon kasar


6. sebuah sekop

7. sebuah pengaduk

8. kunci pas untuk mengencangkan tutup dan untuk membuka tutup pengaman



1. KOMPOSISI CAMPURAN
    setiap pengisian, harus menggunakan ukuran bahan bahan sebagai berikut :

    a. 3,58 kg causticsoda

jangan disentuh , panas bro !!!


    b. 0,305 kg serbuk ferrosilicon halus



    c. 1,525 kg ferrosilicon kasar



    d. 13 liter air tawar bersih




 komposisi campuran untuk membuat gas hydrogen bagi tabung gas berumur lebih dari 5 tahun masing masing dikurangi 1/3 . sehingga menjadi sebgai berikut :
    a. 2,39 kg causticsoda
    b. 0,203 kg serbuk ferrisilicon halus
    c. 1,017 kg ferrosilicon kasar
    d. 8,67 liter air tawar basah


2. PROSEDUR PEMBUATAN GAS

    a. buka (rentangkan ) kaki penunjang dan kaitkan cincin cincin (yang terdapat pada bagian tengah dari         rantai) pada pengait yang terdapat pada penunjang sehingga posisi tabung dalam keadaan miring
    b. pasang corong besar di mulut tabung untuk memasukkan campuran ferrosilicon halus dan caustisoda dan air
    c. masukkan ferrosilicon kasar ke dalam saringan
    d. masukkan ferrosilicon halus dan causticsoda ke dalam ember , aduk hingga rata
    e. siapkan air tawar bersih sebanyak 13 liter

proses pembukaan tutup tabung gas


angkat tutup tabung gas beserta saringan yg terhubung dengan tutup tabung gas

setelah itu miringkan tabung gas , agar kotoran di dalam tabung gas keluar

pasang corong di mulut tabung gas, kemudian isi masukkan air untuk membersihkan isi tabung gas


masukkan air

setelah air dimasukkan , miringkan tabung gas 



kotoran akan keluar bersama air yg dimasukkan tadi



saringan yg sudah kita keluarkan tadi masukkan ferrosilicon kasar kedalamnya

proses memaskukkan ferrosilicon kasar


setelah itu saringan ditutup


masukkan kembali saringan yg sudah terisi ferrosilicon kasar 

setelah saringan sudah dimasukkan , letakkan corong besar di mulu tabung gas



ambbil ferrosilicon halus dengan sekop


kemudian tuangkan ke causticsoda



kemudian aduk causticsoda+ferroslicon halus


campuran tadi masukkan kedalam tabung gas
masukkan air

setelah itu segera tutup tabung gas , tutup tabung harus benar benar rapat


kemudian tegakkan kereta pendorong


3. PROSES UNTUK MENGHASILKAN GAS
    a. masukkan campuran ferrosilicon halus dan caustic soda serta air ke dalam tabung, lepaskan corong dan segera masukkan saringan serta pasanglah tutup tabung gas
    b. putarlah tutup tersebut dan posisi tutup harus benar benar tegak (segaris dengan tabung) dan rapat hal ini penting untuk keamanan dan mencegah rusaknya penyumbat plastik
    c. kuatkan sekrup dengan kunci
    d. tegakkan tabung dari kereta dan goncanglah sebentar
    e. bukalah keran sehingga keluar gas sedikit (gas bercampur uap air). sesudah 10 detik , tutuplah kembali keran
    f. reaksi mulai sedikit demi sedikit dan bagian bawah tabung mulai panas

sesudah beberapa saat (dalam hitungan detik) tekanan mulai naik mula mula pelan kemudian cepat,  Apabila mencapai 50 atm , kendorkan sekrup dan bila tekanan mencapai  80-100 atm sekrup dikencangkan kembali, selanjutnya tabung digoncangkan lagi untuk beberapa detik , sehinga ferrosilicon yang menempel pada bagian atas dari tabung saringan dapat lepas dan bereaksi

4. MENGELUARKAN GAS DARI TABUNG GAS

tekanan mencapai maksimum (130 -140 kgs cm2) sesudah 1/4 jam. Sesudah waktu tersebut, reaksi telah selesai dan gas dapat dipergunakan. 
untuk dapat mengguanakan gas tersebut dengan baik, tunggulah hingga tabung gas tersebut benar benar menjadi dingin lebih dulu, kalau tidak, gas akan tercampur uap air. Apabila alat sudah dingin, tekanan jatuh hingga kira kira 100 kgs cm2 (diperlukan waktu sekitar 3 jam)



UTAMAKAN KESELAMATAN






Share:

Selasa, 15 Maret 2016

Momen Hijrah

I know my life ain’t perfect

But I don’t have to worry

Cause I’ve got all that I need

Right here , in my life

Thank you for the good life , good life

Allah I want to thank you for the good life

Yaa … begitulah sepenggal lirik lagu “Good Life “ yang dinyanyikan oleh Harris J. Penyanyi muslim asal britania.        ♪  Good life …. ♪  Good life … ♪ 

Hidup ini memang indah. Ya sungguh indah. Sungguh. Dan itu berlaku jika memang kita mensyukuri nikmat  hidup ini. Jalani hidup dengan lapang dada, menebar senyuman kepada sesama, sambung tali silaturahmi dengan kerabat dekat ataupun jauh disana, saling membantu antar sesama, dan ibadah pun tak lupa , lengkap sudah. itu sudah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dan nikmat nikmat lain pun akan berdatangan kepada kita (Ibrahim : 7) , right ???

 = > Mana materi hijrah nya ??!!

Slow brooo ...

= > Huu… (sorakan) bilang aja mau manjang2 –in kalimat biar post nya keliatan panjang …

emang ente sudah baca pengantar diatas belum ?

= > sudah , emang kenapa ?

Sudah bersyukur belum ?

= >  bersyukur karena apa ?

Bersyukur karena kesasar di post momen hijrah ini , sapa tau skrg ini momen yang pas buat ente untuk hijrah, hijrah untuk menjadi lebih baik, ente saja sudah menulis di google dengan tulisan momen hijrah , itu sudah tekad yang luar biasa

= > masya Allah , ampun omm ….

Zehaha (ketawa blackbeeard one piece)


*****************************

Baru naik kelas

Baru lulus sekolah

Merantau

Baru mendapat pekerjaan

Baru menikah

Baru mendapatkan anak

Memasuki tahun baru hijriyah ataupun masehi



Inilah momen momen yang pas untuk hijrah. Ketika kita berpindah ke suatu kondisi atau suasana baru. Cocok sekali untuk merubah kebiasaan kebiasaan buruk kita. Misalnya nih kita sebelumnya malas bangun pagi, kemudian suatu saat kita merantau, ane yakin kita pasti bangun pagi lebih cepat dari sebelumnya. Kenapa ? karena ada titik dimana kita merasa was was  akan masa depan yang terjadi, sehingga kita lebih berhati hati dalam menjalani hidup di hari pertama tersebut. Beda dengan sebelum sebelumnya , rutinitas yang  sering kita lakukan bahkan sudah hapal dan ternyata menjadi kebiasaan tersindiri. Kalau kebiasaan baik , Alhamdulillah,  nah kalau kebiasaan buruk, masalah.

Maka dari itu , ketika anda anda mendapatkan momen  momen diatas , gunakan lah momen tersebut untuk hijrah menjadi lebih baik, mengubah kebiasaaan yang biasanya berat ternyata akan menjadi ringan. Tetapi ingat , buat perubahan nya ketika di awal awal momen tersebut. Sehingga untuk melanjutkan nya akan lebih mudah. Kalau anda anda sekalian tidak mengubah kebiasaan buruk  di hari hari awal tersebut dan malah masih memakai kebiasaan buruk yang sebelumnya, maka akan lebih berat tantangannya untuk berubah. Memang bukan berdasarkan penilitian yang yang ilmiah , tapi berdasarkan pengalaman orang orang yang pernah ane temui dan pengalaman ane sendiri heheh ...

Tips :

1.       Niat yang kuat untuk hijrah

2.       Gunakan momen hijrah

3.       Di hari awal momen hijrah langsung ubah kebiasaan buruk menjadi yang lebih baik , agar terasa ringan kedepannya

4.       Berdoa kepada Allah agar dimudahkan perjalanan hijrahnya

5.       Bersyukur , agar nikmat hijrah akan mudah datang pada kita


***************************

Sedikit cerita , ane saat ini (ditulis tanggal 14 maret 2016) sedang merantau di daerah yang cukup jauh, pulau terdepan NKRI yaitu kabupaten natuna.  Suasana jelas beda ketika ane berada di malang, Makassar, Medan, dan terakhir Jakarta dan Bandung. Mohon doanya agardi momen ini ane bisa hijrah menjadi lebih baik , ane pun mendoakan masyarakat Indonesia agar di mudahkan perjalanan hijrah nya . Ane rasa ini doa ini akan menjadi saling memantul . Dan ternyata kalau kita mendoakan orang lain, tidak lain dan tidak bukan doa tersebut kembali ke kita sendiri …

Sekian dari saya  assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh …

Tak lupa seperti post sebelumnya saya akan memberi gambaran sedikit tentang ranai-natuna , let’s check it out …


              

mancing disini alhamdulillah dapat 2 ikan dan 2 kepiting


      akhir2 ini awan selalu menutupi puncak gunung


 pemandangan dari atas kantor


 mesjid agung natuna tampak dari depan











perjalanan dari depan komplek menuju mesjid krg lebih 1 km


Share:

Kamis, 03 Maret 2016

Natuna bukan Pulau Tak Bertuan

Natuna bukan pulau tak bertuan



 

 kiri : pak yassinsons ilyas (Pak Kasmet Stasiun Ranai- Natuna)



Pra keberangkatan 26 februari 2016

penempatan diumumkan, siap atau tidak

            Detik detik sebelum penempatan diumumkan memang sungguh menegangkan. Lebih menegangkan ketika ingin melamar wanita ( emang kamu pernah dan -_-). Hahaha  , gimana nggak menegangkan , kurang lebih kami (red : angkatan 2014) menunggu 6 bulan untuk mendegar kabar pengumuman penempatan ini. Ada yang tidak sabar, ada yang mulai resah apakah akan diangkat jadi CPNS, ada yang hanya bisa pasrah dan berdoa semoga diberikan yang terbaik dan ada juga yang tidak peduli. Berbagai macam respon dari teman teman tentang kedatangan pengumuman ini. Dan kalau ada nanya aku termasuk yang mana ? , maka aku menjawab aku berdoa semoga diberikan yang terbaik ( ahh yang bener ???). Ya kurang lebih begitulah yang kusebutkan dalam doa ku ketika usai sholat. Aku tidak menyebutkan nama stasiun yang kuinginkan, aku berharap di stasiun penerbangan walaupun di kelas berapa dan dimana pun. (cttn : penempatan bmkg emang kebanyakan di daerah pelosok).

            Tanggal 26 februari 2016 (jum’at) , adalah hari dimana penempatan diuumkan. DOOOOONGGG!!! ( kalau di manga one piece ada hal mengejutkan di tulis “Dooonggg !!!”). Dan kucari nama ku dengan perlahan lahan dan sedikit rasa deg deg-an. Deg deg !!! deg deg !! deg deg !! Dan akhirnya kudapatkan nama ku , dan aku ditempatkan di ….. stasiun meteorologi kelasIII Ranai Natuna. Doooonggg!!! Kalau ditanya kaget  ya KAGET. Tetapi saat itu aku tidak takut dan resah ketika mendengar kata Natuna. Aku sudah mempersiapkan mental ini dari jauh jauh hari. Yang kuresahkan adalah ketika orang tua ku resah mendengar kabar ini. Pelan pelan kutekan juga tombol call untuk berbicara dengan orang tua ku (sebelumnya tak lupa baca bismillah hehehe biar aman). Dan alhasil DUUARRR !!!   orang tua pun kaget mendengar kabar ini. Aku rasa bentuk kekagetan ini adalah hal wajar. Tetapi Alhamdulillah semakin kesini semakin tenang (alhamduuu …. lillah). Kalau orang tua sudah tenang hati ini pun semakin tentram untuk berangkat Natuna. Sebelum berangkat, tak lupa silahturahmi dengan senior yang dapat penempatan di natuna dulu (mereka masih di kampus untuk melanjutkan D4) dan beberapa senior dari ROHIS. Dan terutama kepala stasiun meteorologi ranai natuna dan beberapa pegawai disana sudah ku hubungi  Tiket keberangkatan sudah dapat, SPPD sudah dapat, tinggal gaji yang belum dapat :v maka aku langsung berangkat tanggal 1 maret 2016 (selasa)




Hari 1 (1 maret 2016 )  

dunia baru , pengalaman baru

“kapan berangkat ke ranai ?” begitu ucap pak yasisnsons

“izin pak insya Allah saya berangkat 1 maret , untuk keberangkatan februari tiket sudah habis , mohon dimaklumi” balas saya

“oh iya tidak apa , itu bukan kesalahan kamu , kalau kamu akan berangkat hubungi saya ya … , nanti beberapa teman disini akan jemput kamu” ucap pak yassinsons dengan segera

“siap terima kasih pak” ucap saya dengan riang gembira :v

Cttn : Pak yassinsons atau yang biasa disebut pak jhon adalah kepala stasiun meteo ranai natuna.

            Keberangkatan jam 06.00 (pagi) pagi dari cengkareng , hmmm itu berarti aku sudah harus stand by di cengkareng 2 jam sebelumnya , jam 04.00 (pagi). Malamnya agar tidak ketiduran dan berangkat on time jam 03.00 (pagi)  dari kos2-an maka malamnya aku melakukan jurus ampuh. Mau tau jurusnya nya apa ?  yaitu tidak tidur dari jam 9 malam hingga jam 3 pagi. (ba dum tass ….). <- backsound

            Bismillah ,  berangkat jam 3 pagi menuju bandara cengkareng bersama rekan se angkatan  Ricky Nadiansyah. Tidak ada perbedaan dari keberangkatan (pesawat) ku ini dibanding sebelum sebelumnya . Hanya saja kali ini tujuan nya jauh lebih jauh, berangkatnya tidak bersama orang tua, dan ketika berangkat seragam yang kukenakan seragam stmkg dengan logo perhubungan di lengan kanan. ( itu kan perbedaan semua dan , gmna sih lu , katanya tidak ada perbedaan). Hahaha lumayan nambah nambah kalimat brooo.

            Alhamdulillah  keberangkatan tepat waktu , tiba pun tepat waktu.( cengkareng -> batam -> natuna). Ketika keluar bandara aku disambut baik oleh sebuah tulisan. Tulisan itu berbunyi “Selamat Datang  , Di Natuna  , Pulau terdepan NKRI”. SUUUUGGOOOOIIII …..!!! dan ini dia gambar nya 

 

Selain itu aku juga disambut oleh salah seorang pegawai bmkg ranai-natuna. Namanya bang Fial, orangnya asik ,badannya tegap dan sebentar lagi mau menikah (hey … apa hubungan dengan ente) hahah kagak apa apa hanya berusaha meramaikan  dan dialah orang yang sering meramaikan suasana ketika kami bekerja di stasiun.

Apa pertama kali anda bayangkan ketika mendengar Natuna ? jujur …  :D

apakah  pantai ?

hutan belantara ?

disana sedikit kehidupan?

Sinyal tidak ada ?

kebutuhan sulit dijangkau ?

masjid jauh ?

ikut mempertahankan wilayah bareng AU dan beberapa sistem pertahanan lainnya?

dan  apakah benar anda terpikirkan seperti itu ?

dan apakah kenyataannya seperti itu ?

to be continued ….

Wkwk bagi yang menjawab pantai mungkin benar , disini banyak pantai , 10 m dari belakang stasiun kami bekerja adalah pantai, pantai biasa . Hutan belantara ?  sedikit kehidupan ? hey !!!  disini kehidupan rame bung mulai dari melayu, jawa , padang ,batak,  medan dan masih banyak lagi. Ya walaupun dibandingkan dengan batam , masih kalah sih , tetapi jumlah termasuk kategori banyak. Kenapa ? karena walaupun jauh dari Indonesia tetapi untuk mencapai angka ini adalah hal yang fantastis. Tahun 2014 aja mencapai 72.450 jiwa. Nah untuk hutan belantara , disini memang banyak hutan,luas wilayah disini lebih luas dibanding batam. Luas wilayahnya yaitu 2.009,04 km2 bangunan bangunan terpusat di kabupaten ranai. Dan hutan lah yang mengelilingi kabupatan natuna ini.  Keren bukan ??!

Sinyal jelas ada (khusus Telkom*sel dan IM*3)

Kebutuhan mudah dijangkau  (tempatnya bukan harganya)

Adzan dimana mana dikumandangkan (please check google “masjid agung natuna”)

Ikut perang ? hahah orang2 yang berpikiran seperti ini cukup dibakar saja :v 



 

mesjid lanud natuna


 
stasiun  ranai - natuna


 

 10 m dibelakang stasiun , lumayan ada tempat teriak :v


 

depan stasiun ranai natuna











Share: