Selasa, 03 Desember 2013

6 Jurus Canggih Cara Mengingat

6 Jurus Canggih Cara Mengingat




1.       CARA ASOSIASI
Cobalah untuk mengasosiasikan hal yang ingin anda ingat dengan sesuatu yang berkaitan. Contoh :
Anda diminta untuk mengingat angka 17250045, asosiasikan angka angka tersebut dalam kata yang mudah diingat. Misal , 17 dapat diasosiasikan dengan sweet seventeen, 25 mungkin dapat diasosiasikan dengan usia anda , 45 dapat diasosiasikan dengan tahun kemerdekaan Negara Indonesia.

2.       CARA MEMECAH
Cara ini adalah cara mengingat yang paling sering digunakan dalam kegiatan sehari hari. Yaitu dengan cara memecah sesuatu yang ingin kita ingat ke dalam bagian bagian kecil. Contoh  :
Anda bertemu teman lama dan diminta untuk mencatat nomor HP 081384652579 dalam ingatan anda. Anda dapat mempermudah mengingatnya dengan memcah nomor tersebut ke dalam bagian bagian kecil seperti 0813  8465  2579

3.       CARA KATA KUNCI
              Dalam cara ini, anda mengambil bagian bagian dari hal yang anda ingat dan menggabingnya dalam sebuah kata kunci. Contoh :
                    Saat anda ingin menghafal warna pelangi, anda cukup mengambil suku kata bagian depan dan menggabungnya dalam kata me ji ku hi bi ni u

4.       CARA BERCERITA
Cara ini adalah cara yang sangat menyenangkan untuk mengingat sesuatu. Tetapi dibutuhkan daya imajinasi dan kreativitas yang kuat untuk melakukan cara ini. Contoh :
Anda diminta untuk mengingat kata kata : hutan, durian, sabun, kamera, hujan, tas.
Anda dapat memasukkan kata kata diatas dalam cerita :
Anto berkunjung ke tempat kakeknya di dekat hutan untuk memanen durian. Ia membawa kamera untuk memotret. Di tengah jalan, hujan turun deras sekali sehingga baju dan tas yang dibawanya menjadi basah. Sesampai di rumah kakek, anto ingin mandi, tetapi ternyata ia lupa membawa sabun.

5.       CARA KATEGORI
Dalam cara ini anda dapat memasukkan hal hal yang harus anda ingat ke dalam kelompok kelompok kecil yang saling berkaitan. Contoh :
Anda diminta untuk mengingat kata kata : sikat gigi, daging, apel, shampo, telur, mangga.
Anda dapat mengelompokkannya dalam kategori kategori :
·         Peralatan mandi :  sikat gigi, shampoo
·         Hasil ternak :  daging, telur
·         Buah buahan : apel, mangga

6.       CARA ALFABETIS
Cara ini sebenarnya mirip dengan cara kategori, namun dalam cara ini anda harus mengelompokkan hal yang ingin anda ingat sesuai huruf depannya. Contoh :
Anda diminta untuk menghafalkan seluruh ibukota provinsi yang ada di Indonesia.
Dengan cara ini, anda dapat mengelompokkan kota Surabaya dan Semarang dalam kelompok kota yang dimulai dengan huruf S. lakukan pada kota kota yang lain, maka anda akan lebih mudah mengingatnya daripada harus mengingat satu persatu.


Danypangestu.blogspot.com 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar