Jumat, 12 Juli 2013

TEKNOLOGI dan INTERNET

APA ITU TEKNOLOGI ?
Pengertian Teknologi - Pengertian Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”.

Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

          APA ITU INTERNET ?
    Pengertian internet memiliki arti pemahaman yang cukup luas dimana kata internet itu sendiri merupakan singkatan kata dari interconnection-networking, bila dijabarkan secara sistem global maka internet merupakan jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite(TCP/IP) sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data. Internet mencangkup segala sesuatu secara luas baik itu dalam bidang komputerisasi maupun telekomunikasi.





MENGAPLIKASIKAN INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI
Kegunaan internet dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan oleh berbagai element masyarakat maupun badan usaha untuk berbagai kebutuhan yang disesuaikan, baik untuk meningkatkan produktivitas ataupun sarana bertukar data dan juga akses informasi maupun sarana hiburan online yang sangat lengkap. Berbagai media cetak sudah banyak yang beralih ke media online dalam memberikan berita dan informasi. Kegunaan internet juga dirasakan dalam transportasi, seperti kemudahan dalam pembelian dan informasi harga tiket kereta api ataupun tiket pesawat terbang sudah bisa dibeli secara online, dan berlaku juga untuk berbagai hal lainnya semakin memudahkan tentunya dengan kehadiran internet dan kegunaannya akan terus berkembang semakin banyak .

DAMPAK POSITIF DARI INTENET
Dampak positif dari internet yaitu sebagai berikut :
1.       Menambah ilmu dan wawasan, sebab di internet  informasi sangat tidak terbatas.

2.       Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Mungkin situs pertemanan dan aplikasi chattinglah sub media yang menghubungkan kita berinteraksi dan bersosialisasi melalui internet.



3.       menghilangkan jenuh dari kepenatan kegiatan sehari – hari atau sebagai sarana hiburan



4.        dan berbisnis, internet memberikan kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

5.       Bingung dampak positif internet apalagi, mungkin kalo yang mau nambahin , bisa kita diskusikan di sesi tanya diskusi nanti


DAMPAK NEGATIF DARI INTERNET

Dampak positifnya sudah, sekarang dampak negatifnya. Kalo bicara dampak negatif internet di kehidupan sehari – hari, kayaknya tak terbatas seperti informasi yang di berikannya.

Dampak negatifnya :
1.       Merusak moral dan mental, kok internet membuat merusak mental dan moral?? sebagai sumber media informasi yang tak terbatas, membuat orang mengakses apa saja yang di inginkannya dan itu belum tentu selalu hal bagus dan baik yang di akses masyarakat. hal buruk di sini adalah content pornografi dan content kekerasan. Dua hal tersebut sangat berbahaya bagi jiwa manusia, sebab jika pikirannya terpengaruh hal itu bisa di aplikasikan di kehidupannya nyata, yang tadinya hanya untuk bersenang -  senang saat di internet, tiba – tiba ada suatu keadaan yang memaksa mereka untuk melakukannya di kehidupan sehari – hari.




2.       Merusak kesehatan, lho kok kesehatan ikut rusak juga ?? taukah anda bahwa internet membuat orang lupa makan dan minum bila sudah PW  (posisi wuenak) di depan komputer!! Bukankah telat makan membuat produksi asam lambung di tubuh menjadi sangat banyak, kemudian timbulah penyakit maag, apalagi lagi dehidrasi akibat kurang minum itu lebih parah lagi penyakitnya!! semakin lama penyakit yang timbul semakin besar dan efek bagi tubuh juga sangat besar pula negatifnya. Mungkin efek kesehatan gara – gara internet masih banyak lagi ya?? pastinya.


3.       Membuat kecanduan, lho kok kecanduan?? kayak NARKOBA aja!! gimana ga kecanduan, bangun tidur update status ga jelas di facebook, terus yang gak punya internet atau komputer di rumahnya, bela – belain ke warnet dan itu bukannya ngabisin uang jajan, belum content – content gak jelas yang tersedia di internet.

4.       Media kejahatan dengan tingkat modern, nah yang ini pastinya banyak jika di sebutkan satu – persatu!! Penipuan dan pencurian sering terjadi di internet, dan hal itu biasanya terjadi pada saat kita bertransaksi di internet.



5.       Lupa waktu, seringkali kita lupa waktu jika internetan.internetan kadang – kadang bisa sampai pagi bahkan sampai gak tidur sama sekali cuman gara – gara internetan gak jelas. Dan begadang inilah merupakan akar yang sangat merusak kesehatan juga, belum radiasi komputer yang ditimbulkan. lho dari bicarain lupa waktu malah ngomongin kesehatan!! intinya internetan juga bisa membuat waktu anda terbuang dengan sia – sia



Share:

0 komentar:

Posting Komentar