Kamis, 17 Mei 2012

minyak bumi




   1.     Jelaskan proses terbentuknya minyak bumi dan gas alam !
Jawaban  :
Minyak bumi terbentuk dari penguraian jasad renik lautan, hewan, dan tumbuhan yang tertimbun selama berjuta-juta tahun di permukaan tanah, sedangkan gas alam terbentuk dari plankton (jasad renik air) yang termasuk alga dan protozoa. Ketika mikroorganisme tersebut mati dan terakumulasi pada lantai lautan (samudera), maka mikroorganisme tersebut tertimbun secara perlahan dan sisanya mengalami tekanan di bawah lapisan endapan. Selama lebih dari jutaan tahun, tekanan dan panas yang dialami oleh lapisan tersebut secara kimia mengubah zat organic dan mikroorganisme menjadi minyak bumi dan gas alam atau zat-zat lainnya.

   2.     Jelaskan mengapa dalam kerak bumi, gas alam cenderung untuk berada di atas minyak bumi !
Tuliskan komponen-komponen minyak bumi dan gas alam !
Jawaban  :
Setelah pembentukan secara berangsur-angsur terjadi di dalam kerak bumi, minyak bumi dan gas alam secara perlahan mengalir ke dalam lubang-lubang kecil yang kecil yang terdapat dalam batuan berpori yang bertindak sebagai tempat penyimpanan (reservoir). Karena batuan berpori ini sering kali terisi air dan minyak bumi maupun gas alam, keduanya lebih ringan daripada air serta lebih rapat (dalam hal ini keduanya mempunyai massa jenis yang lebih besar) daripada batuan di sekelilingnya, maka minyak bumi dan gas alam bergerak naik melalui batuan. Akhirnya, sebagian dari hidrokarbon yang bergerak naik ini terperangkap oleh suatu lapisan batuan kedap atau lapisan batuan tak berpori. Karena gas alam lebih ringan daripada minyak bumi, maka gas alam membentuk suatu lapisan di atas minyak bumi.
Komponen minyak bumi: alkana, sikloalkana, hidrokarbon aromatic, senyawa belerang, senyawa nitrogen, senyawa pospor, senyawa oksigen dan senyawa organo logam.
Komponen gas alam      : metana, etana, propana, butana, karbondioksida, hydrogen sulfide dan sebagiam kecil helium.

   3.     Jelaskan cara memperoleh fraksi-fraksi minyak bumi !
Jawaban  :
Dari tempat penyimpanan, minyak mentah dialirkan menuju dapur pemanasan dan dipanaskan hingga mencapai suhu sekitar 400◦C. dari dapur pemanasan tersebut, komonen-komponen minyak bumi kemudian dialirkan menuju menara fraksionasi dalam bentuk uap minyak. Uap minyak dalam menara akan mengalir melalui sungkup gelembung. Komponen uap yang titik didihnya lebih tinggi akan megembun dan dialirkan melalui pelat, sehingga terpisah dari komponen lain, sedangkan komponen yang titik didihnya lebih rendah akan mencair pada pelat diatasnya, dan seterusnya sampai diperoleh beberapa fraksi minyak bumi.
   4.     Jelaskan perbedaan absorpsi dan adsorpsi dalam proses ekstraksi gas alam !
Jawaban  :
Dalam suatu proses absorpsi digunakan suatu cairan yang menyerap gas alam dan zat pengotor serta mencampurkannya. Dalam proses tersebut, zat pengotor bereaksi dengan cairan penyerap, sehingga gas alam kemudian bisa dilepaskan dari penyerap, sedangkan zat pengotor tetap berada dalam tersebut. Cairan penyerap yang umum  digunakan dalam proses ini adalah air,larutan amina cair dan natrium karbonat
Sementara itu, adsorpsi adalah suatu proses yang mengumpulkan gas alam dalam suatu permukaan zat padat atau zat cair dalam rangka menghilangkan zat pengotor. Salah satu zat yang umum digunakan untuk proses adsorpsi ini adalah karbon. Dengan karbon, suatu zat pengotor dan gas alam, misalnya senyawa-senyawa belerang akan dikumpulkan pada permukaan penyerap karbon dan senyawa senyawa belerang tersebut kemudian bergabung dengan oksigen dan hydrogen untuk membentuk asam sulfat (H2SO4), yang dapat dihilangkan dengan mudah.

   5.     Jelaskan pengertian dari istilah-istilah berikut ini !
a.     Dapur pemanasan
b.     LPG
c.      Menara fraksionasi
d.     Ketukan
e.     Bilangan oktan
f.       TEL
Jawaban   :
a.       Dapur pemanasan adalah tempat pemanasan minyak mentah  yang dialirkan dari tempat menyimpan
b.      LPG adalah bahan bakar yang terbentuk dari propana yang dipisahkan dan dicairkan
c.       Menara fraksionasi adalah tempat memisahkan komponen komponen minyak bumi
d.      Ketukan adalah bunyi yang menggangu gerakan piston di dalam mesin .
e.       Bilanan oktan adalah bilangan yang menunjukkan persentase iso oktana dalam bensin
f.        TEL adalah suatu zat aditif yang dapat meningkatkan bilangan oktan pada bensin

   6.     Tentukan nilai oktan bensin yang terdiri  dari campuran 75 % isooktana dan 25 % n-heptana !
Jawaban  :
Bilangan oktan = ( % isooktana  X 100  )    +     (% n-heptana   X  0  )
                        =  75 %  X  100    +   25 %  X   0
                        = 75
   7.     Bagaimana cara untuk menaikkan bilangan oktan bensin !
Jawaban  :
      Dengan menambahkan suatu zat aditif yaitu TEL pada bensin

   8.     Mengapa bensin yang mengandung TEL dapat mencemari lingkungan !
Jawaban  : 
Karena gas  buang dihasilkan mengandung senyawa timbal yang sangat beracun yang dapat mengancam keselamatan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya

Share:

0 komentar:

Posting Komentar