Rabu, 03 Februari 2016

Macam Macam Thermometer



taman alat stmkg

Hi sobat anomali, kali ini ane akan berbagi tentang salah satu alat ukur. Yup alat ukur suhu yaitu thermometer (udah liat judulnya kali ya makanya tau, haha , woke no problem). Alat ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sejak SD sering kita dengar alat ukur ini dan sering kita gunakan untuk mengukur suhu tubuh kita. Betapa pentingnya alat ini di kehiduapan sehari hari bahkan alat ukur ini hampir selalu menjadi soal Ujian Nasional (nyusahin aja , dasar thermometer).

Setelah saya masuk STMKG, saya baru tahu bahwasanya thermometer itu ada banyak jenis nya. Sesuai fungsinya. Dan betapa penting nya alat ini. Mengapa ? karena alat ini memegang tanggung jawab yang besar yaitu mengukur suhu rata rata bumi dalam jangka waktu tertentu. Sehingga ketika kita tahu adanya perubahan perubahan suhu yang tidak stabil. Dan langkah selanjutnya kita tahu apa yang haru kita perbuat atau kita dapat mengontrol aktivitas kita agar tidak terjadi kenaikan suhu. luar biasa ya ... saya bersyukur bisa ikut berpartisipasi dalam tanggung jawab yang besar ini (asseeeekkk)

langsung saja ini beberapa dasar pengetahuan tentang thermometer. check it out !!!

Temperatur adalah kondisi yang menentukan besaran dari total perpindahan panas antara dua buah benda. Dalam sebuah system, dapat dikatakan bahwa benda yang  Kehilangan panasnya ke benda lain berarti benda tersebut memiliki temperature  yang lebih tinggi (WMO no.8, chapter 2).

Dalam thermodinamika, satuan temperatur yang digunakan adalah derajat kelvin (0K),  Namun dalam pengamatan meteorologi digunakan derajat celcius (0C) – sesuai dengan International Temperature Scale (ITS)-1990, dan standar yang digunakan dalan annex. Konversi antara satuan kelvin (T)  dan celcius (t) adalah sebagai berikut:

                                    t = T – 273.15

Persyaratan meteorologi untuk pengukuran temperatur yang utama adalah:

1.     Suhu udara dekat permukaan tanah

2.     Suhu udara di permukaan tanah

3.     Suhu tanah dalam beberapa kedalaman

4.     Suhu permukaan laut atau danau

5.     Suhu lapisan udara atas.

ALAT UKUR TEMPERATUR UDARA

1.     Thermometer Bola Basah Bola Kering

2.     Thermometer Maksimum ( klik disini )

3.     Thermometer Minimum ( klik disini )

4.     Thermograph  ( klik disini )

5.     Thermometer  Tanah  ( klik disini )

6.     Thermometer  Apung ( klik disini )

 untuk post selanjutnya insya Allah saya akan bahas satu satu berdasarkan beberapa referensi dan apa yang sudah saya pelajari .... sekian , assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh , salam anomali ....
Share:

0 komentar:

Posting Komentar